Sunday, January 19, 2014

Kekecewaan terhadap Penayangan Konser JKT48 di ANTV

Welcome to Flash Blog by - Radit -

Awalnya saya tidak mau memblog lagi untuk beberapa waktu. Tapi kejadian malam ini benar-benar mengesalkan dan saya tidak tahan mau membahas ini dengan beberapa reader saya

Sebelum saya mulai, saya tahu akan banyak pembaca yang bilang saya tidak bersyukur karena ada TV yang mau menayangkan Konser JKT48. Untuk para pembaca yang merasa demikan, mohon segera tekan tombol silang di Pojok Kanan atas. Kalau memang mau membaca, saya tidak bertanggung jawab atas sakit hati yang timbul karena saya akan mengritik dengan SANGAT KERAS! Mungkin anda akan bilang karena saya nonton secara live jadi kecewa dengan durasi yang singkat. Jadi, kalau anda hanya akan mencela saya dengan alasan itu, silahkan keluar dari blog saya...


Tanggal 19 Januari 2014, ANTV menayangkan Konser 2th JKT48 yang diselenggarakan 21 Desember lalu di Plenary Hall Jakarta Convention Center. Jujur sebagai seorang fans, saya sangat, sangat, SANGAT kecewa dengan penayangan ANTV yang menurut saya hanya MENGEJAR RATING dan tidak ada niatan MENGHIBUR!

Kenapa saya bilang begitu? Yuk kita analisis satu per satu alasan saya membenci cara ANTV menayangkan konser ini

1. IKLAN - Tentu saja ini jadi komplain pertama saya. Tidak bisa kalian pungkiri bahwa iklan yang ditayangkan oleh ANTV dalam penayangan ini TERLALU BANYAK.  Dalam waktu 1 Jam, dengan ada lagu yang short Version, Saya jujur sangat sebal tidak sampai 10 lagu yang ditayangkan. Kebanyakan hal tersebut disebabkan oleh IKLAN! Malahan, joke yang beredar mengenai TV Nasional adalah Iklannya adalah yang utama, bukan shownya. Jadi misalkan Sintetron Tersanjung punya waktu tayang 45 Menit, sekitar 30 menit habis oleh Iklan sendiri. Sangat berbeda ketika saya menonton Animax, AXN, Fox, atau bahkan NBA TV yang iklannya tidak mendominasi acara yang sedang ditayangkan

2. HOST - Okay, pertama, siapa dua orang konyol yang tadi muncul? Apa mereka mau numpang tenar? Mereka juga menghabiskan waktu dengan ada sesi MC/Mini-drama Bullshit yang tidak diperlukan. Setidaknya sewaktu TRANS7 menayangkan, di jeda antara lagu (plus Iklan) mereka menayangkan sedikit cerita yang relevan dengan JKT48, seperti mengenai kostum, atau perjuangan mereka saat konser. Nah ini? cuma ngabisin Screen time aja. mending tidak usah ada

3. MOMEN - Sepertinya ANTV Lupa (atau cukup cuek untuk tidak menyadari?) bahwa konser JCC ini adalah Konser Terakhir untuk Diasta, Sonya, dan Stella. Saya hargai mereka menayangkan Higurashi no Koi Stella dan Haruka... tapi kenapa Diasta tidak ditayangkan saat dia berduet dengan shinyu nya, Ghaida? atau ketika Sonya menjadi Center Junjou Shugi lagi setelah sekian lama? Saya mengerti kalau Sonya dan Diasta tidak sepopuler Stella, tapi mereka juga berhak mendapatkan spotlight di kelulusan mereka. JOT saja mengerti dengan menempatkan Stella bersama Best Friend Haruka di Higurashi no Koi, atau saat Menempatkan Sonya kembali sebagai Center di Junjou Shugi. Atau bahkan saat Diasta dan Ghaida berduet di Temodemo no Namida... Intinya, walau kalian memang menayangkan Diasta, Sonya, dan Stella secara khusus, Fans tidak mau hanya interview saja. Mereka ingin melihat Diasta dan Sonya Perform. Masa itu saja tidak bisa ANTV penuhi?

4. SHUFFLE UNIT  - Ini yang sama sekali tidak dipahami oleh ANTV, ataupun TRANS7.... Konser JKT48, dan juga 48 Group lain, dibuat menarik dengan SHUFFLE UNIT! Mungkin pihak TV terlalu buta rating untuk mengetahui apa itu Shuffle unit, sini saya jelaskan. Kalian tau Unit song kan? yang selalu dipentaskan di theater oleh 2-5 member (tidak semua)? nah, Shuffle Unit ini adalah ketika suatu unit song diperform oleh member-member yang biasanya TIDAK memperform unit itu Misalnya sewaktu konser kemarin, Ayana mementaskan Renai Kinshi Jourei, atau di konser "Perkenalkan, Nama Kami JKT48", di mana Melody, Ve, Haruka, dan Kinal menyuguhkan Himawari. Itulah yang membuat konser 48 Group selalu menarik untuk di tonton. Sayangnya baik ANTV dan TRANS7 cukup bebal untuk mengetahui hal ini. Tapi setidaknya, TRANS7 Menayangkan 2 unit song yaitu Tenshi no Shippo (dengan sedikit shuffle unit) dan Kagami no Naka no Jeanne D'Arc, ANTV? Boro-boro menayangkan Shuffle Unit, Unit song normal pun tidak mereka tayangkan (Itoshisa no Defence Noella, Yona, Lidya).

5. SONGS - Alasan yang ke lima ini adalah yang paling mengecewakan untuk saya. Dan mungkin juga banyak fans layar kaca. Kenapa? Karena song yang ditayangkan pun MAINSTREAM (Heavy Rotation, Kimi no Koto ga Suki Dakara, Koisuru Fortune Cookie, Gomen ne Summer) setengah dari lagu yang mereka tayangkan adalah lagu-lagu yang sudah sering muncul di TV. Paling yang tadi jarang adalah Namida Surprise (sedikit saja pula) dan Wasshoi J!. Ke mana lagu-lagu seperti Two Years Later, Inochi no Tsukaimichi, Nagai Hikari, Switch, JKT Sanjou, Futari no Jitensha, RUN RUN RUN, Boku no Taiyou, Namida no Shinkokyuu, Dareka no Tame ni (ups, belum belajar)? Atau mungkin new songs seperti New Ship dan Shojotachi yo... Kalau memang benci menayangkan unit song, setidaknya pilihlah group song yang jarang dibawakan di layar kaca. Bukannya saya membenci lagu mainstream, tapi menurut saya ya percuma ditayangkan kalau akhirnya lagu itu-itu lagi yang dibawakan.

Sebenarnya masih ada banyak alasan lain seperti Durasi (ini saya agak maklum karena hampir semua TV Indonesia selalu didominasi iklan makanya durasinya pendek) dan kamera (yang ini lebih karena di lagu Wasshoi J!, member yang namanya disebut tidak disorot sama sekali oleh kamera. What are you, stupid?). Tapi 5 alasan di atas cukup untuk saya merasa kecewa dengan penayangan oleh ANTV ini. Jujur, saya jadi agak pesimis sesi 2 nya akan lebih baik mengingat mereka hanya mengejar rating. Paling lagu yang muncul ya hanya Ponytail dan Shu Shu, Oogoe Diamond, Mirai no Kajitsu, 1,2,3,4 Yoroshiku, Viva Hurricane, Baby! Baby! Baby! (bahkan bukan tidak mungkin Heavy Rotation dan Kimisuki. diulang lagi).

Silahkan kalau mau me-roast saya. Saya siap. Tinggal pilih mau di bagian Komen atau di twitter. Mention saya (@Radityo_Utomo), saya akan ladeni kalian kalau memang mau twit war

Sekian FlashBlog dari saya

-Radit-

4 comments:

Unknown said...

Iya sama, saya juga ngerasa seperti itu. Saya hanya fans layar kaca yang sangat menanti acara ini. Jauh-jauh hari sudah di iklankan jika akan ada penayangan JKT48 2nd Anniversary. Tapi ternyata sangat mengecewakan. Semua yang anda tulis sama seperti yang saya rasakan. Dari sekian lagu hanya Higurashi no koi Stella dan Haruka saja yang terlihat keren. Lalu waktu yang gomen ne summer, mimik mulut sama suara juga gak pas.Ah intinya saya juga kecewa.

Unknown said...

Kalo saya sih 5 diatas sangat bikin jengkel. Apa lagi masalah host dan pemilihan lagu.
Ada trouble di gomenne summer. Entah karna filenya yang proses editingnya ngasal atau emg troble chanelnya.
Masalah kamera nya yang paling menjengkelkan. Kemarin pas nonton serasa nonton jkt48 perform di pesbuker. Kagak ada kesan mewahnya. Mulai dari close up shoot sampe all member pun rasanya kurang greget gt. Masa iya pas misal partline nya yupi, yang ke shoot dhike. Ya kalo beberapakali doang gpp. Nah ini dari lagu pertama ampe terakhir. Editing dan shootingnye bener2 ngasal menurut saya mah.
Tanpa di bandingin, chanel tv sblah lbih sukses nayangin konser nya jkt48.
Ane sampe gak habis fikir, hak siar yg denger2 rampe hitungan M itu masa gak di garap serius gini

Light Community said...

Untuk trouble sound di Gomen ne Summer saya bisa jelaskan karena saya live di show 1. di show saya sering ada masalah sound yang tiba-tiba hilang. jadi untuk kepentingan rating, ANTV meng "over" sound konser yang bermasalah dengan rekaman. tapi entah terburu2 atau memang bodoh, editingnya tidak pas.

Untuk perbandingan memang Trans7 lebih baik, tapi sayang saja mereka seakan menghilang dari kemitraan dengan JKT48 seusai JKT48 Missions distop secara mendadak.

Semoga dengan penayangan event Honda yang diselenggarakan tadi siang, (25 Januari 2014) Trans7 kembali menjadi media partner utama dan kembali menayangkan JKT48 dengan baik. Karena, dengan segala kekurangannya, sewaktu JKT48 masih bermitra dengan Trans7 saya cukup terhibur dengan penayangan konser mereka

bjkgjhvcnhgchbc said...

Unit song, jarang dibawain... Episode ke 1 itu, kebanyakan dengan iklan. episode ke 2, kebanyakan dengan cowok gak jelas (Kayakknya Jones)...
Unit song yang ada, hanya Tenshi No Shippo, dan Higurashi No Koi... sedangkan di iklannya tuh ada yang mereka pakai seifuku Sonichi, ada unit song "Kagami no naka no Jeanno D'ARC" ... dan yang bikin bete'nya lagi, bergadang untuk menonton yang hasilnya juga mengecewakan. dan juga di episode ke 1 dan ke 2 , pasti ada lagu "Kimisuki", "Aitakatta" udah gitu aja... lagu yang lain sperti single YUUHI WO MITEIRU KA?, MAAF! Mungkin gak terlalu terkenal... sampai2 gak ditayangin, padahal single ke 2 JKT48