Thursday, February 13, 2014

JOT vs. Fans: Awal Keruntuhan JKT48?

Welcome to another flash blog by -Radit-

Sejujurnya saya benar-benar tidak mau membahas hal ini. Tapi melihat pergerakan di media sosial seperti Twitter, Google+, dan Facebook, akhirnya saya tidak tahan. Saya akan mengeluarkan apa yang ada dipikiran saya mengenai perang antara Jakarta48 Operasional Team atau JOT melawan Fans dari JKT48. Baru-baru ini saya mengetahui bahwa fans mengancam akan membawa masalah yang akan saya sebutkan di bawah ini ke jalur hukum.

Sebelumnya saya tegaskan dulu, saya tidak memihak, tapi saya ingin memaparkan apa yang mungkin akan terjadi bila ancaman fans ini benar-benar dilaksanakan.

Untuk orang-orang yang tidak tahu (entah memang tidak tahu atau pura-pura tidak tahu) JOT adalah mesin yang menggerakkan semua kegiatan JKT48. Mulai dari penjadwalan kegiatan, sampai ke eksekusi akhir sebelum JKT48 naik ke panggung. Bisa dibilang, JOT adalah puppet master dari JKT48. Tanpa JOT, JKT48 tidak akan berjalan dengan lancar, malah, bukan tidak mungkin tanpa JOT, JKT48 akan hancur karena tidak bisa maju.

Belakangan ini, saya memantau linimasa dari berbagai fanbase dan fans lain. Banyak yang mengeluhkan layanan dari JOT, misalnya, yang sedang populer ada:
  1. Eksploitasi Member oleh JOT
  2. Pemotongan waktu HS
  3. Penanganan JOT terhadap tiket 2shot palsu
Masih banyak keluhan lain, tapi yang populer adalah 3 poin tersebut

Ketidakpuasan fans atas pelayanan JOT akhirnya mendorong mereka untuk menyeret JOT ke jalur hukum. Ini sebenarnya lebih banyak ruginya daripada untungnya.

Katakanlah JOT menang di pengadilan. Mereka akan berhak menuntut balik para fans karena pencemaran nama baik. Kalau tidakpun, kemungkinan fans yang melawan akan masuk daftar terlarang JOT alias Black List. Kalau sudah begitu, fans juga yang rugi.

Di sisi lain, bila fans menang dan JOT diwajibkan membayar sejumlah uang, saya rasa tidak akan berpengaruh karena duit JOT itu kencang. Jadi mereka bisa dibilang mampu membayar ganti rugi untuk fans. Kalau ternyata tidak, JOT akan bangkrut dan JKT48 pun ikut hancur bersama JOT.

Skenario lain adalah seandainya JOT dibubarkan oleh pengadilan, JKT48 pun akan ikut hancur. Rekrut baru? Saya rasa tidak akan berhasil bila JOT benar-benar mulai dari nol lagi. Merekrut orang memang mudah, tapi apa bisa dijamin dia memiliki work ethic yang sesuai? Sementara kalau merekrut orang yang bepengalaman, tentu bayarannya tidak akan murah.

Intinya sih, bila JOT kalah dan dibubarkan atau dibangkrutkan, yang rugi tentunya tetap fans dengan JKT48 itu sendiri.

Kenapa? Seperti yang saya tulis di atas, JOT adalah mesin dari JKT48. Tanpa JOT, JKT48 tidak dapat bertahan. Kalau JOT hancur, JKT48 akan ikut hancur bersamanya. Bayangkan, tanpa JOT yang menjual merchandise, member yang menjual, lalu siapa yang mengatur sound system, ticketing, penjadwalan, dan lain-lain. 

Apa fans berharap member yang rata2 berumur 18 tahun dapat menjalankan JKT48 sendirian tanpa sokongan JOT? Saya bukannya tidak percaya dengan kemampuan mereka, tapi ragu. Sekarang saja mereka tinggal hanya latihan dan perform cukup kewalahan. Tambah beban mereka mengurus seluruh bagian JKT48? Saya yakin dalam 1 minggu JKT48 akan berhenti total

Sayapun mengakui layanan JOT itu belum maksimal. Tapi semenjak kedatangan manager baru di Handshake Yuuhi wo Miteiruka, saya merasakan perbaikan yang cukup signifikan. Misalnya, sistem barcode yang memudahkan verifikasi, booth yang buka setiap hari walau tidak ada show.

Untuk saya, kelemahan layanan di JOT adalah kurangnya/terlambatnya info (konser 2nd anniversary saja saya tahu duluan dari sebuah koran di Jakarta). itu saja. Saya tidak pernah ditarik/dibentak satpam atau ticketing. 

Cukup curhatnya, sekarang kita analisis satu2 keluhan populer dari para fans.

1. Eksploitasi member

Saya akui, member sering pulang malam dan tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Tapi bagi saya, bila mereka enjoy, kenapa tidak? Produk akhir dari segala kelelahan mereka kan adalah performance yang baik. Kenapa setiap hari? karena mereka beda dengan selebriti-selebriti lain yang hanya menggelar performance pada waktu tertentu. Fans tahu sendiri kan JKT48 tampil di theater hampir setiap hari. Kalau tidak latihan, performnya jelek, yang salah siapa? di mata fans pasti JOT lagi karena membiarkan member seenaknya tidak latihan.

Secara pendek sih: Selama membernya enjoy, berarti tidak masalah.

2. Pemotongan waktu HS

Saya belum pernah mengalami ini secara pribadi jadi saya tidak tahu. Tapi dalam 2 handshake terakhir (Yuuhi dan Fortune cookie) saya justru di beri waktu ekstra sekitar 15 detik. Kalau memang ada yang dipotong (biasanya terjadi di sesi malam), kemungkinan itu demi membernya juga karena member mungkin butuh istirahat, atau dalam kasus Fortune Cookie, perform di mini-live.

Saya tidak tahu kalau soal ini. Mungkin ada fans yang membeli 60 tiket HS dan merasa tidak puas karena security mau memberikan giliran bagi fans lain. Sekali lagi, saya tidak tahu.

3. Penanganan tiket 2shot palsu

Yang ini saya tidak mengerti kenapa diprotes oleh fans. Ibaratnya ketahuan nyontek, tapi ngeyel bilang kalo kerja sendiri. Fans mengeluhkan kalau penanganannya licik karena dilakukan saat 2shot, bukan saat pendaftaran. Saya mengerti kalau itu terkesan menjebak. Tapi pasti ada alasan kenapa JOT melakukannya seperti itu. Harapannya memberikan efek jera. Tapi justru fans mau memanfaatkan kasus ini untuk melawan JOT. Lalu bagaimana JOT tahu kalau tiket 1 fans palsu? Kemungkinan besar dengan mencatat. Kalian tentu tahu setelah menukar tiket kita diminta mengisi nama di kartu 2shot lain, nah, disitulah JOT mencatatnya, ketika dia menerima kartu itu, mungkin namanya diingat dan dimasukkan ke dalam daftar kecil yang disiapkan.

Sejak kasus itu, JOT menempatkan security secara langsung untuk menangani pendaftaran 2shot. Saya sendiri dengan sengaja mengetes security dengan memberikan tiket BnT yang sulit diketahui asli/tidaknya untuk melihat apa dia memeriksa tiket tersebut. Ternyata diperiksa, sampai-sampai mengeluarkan lampu gelap untuk melihat stempel yang ada. Saya sampai menempatkan diri saya dalam resiko blacklist karena, bila tudingan fans benar, bisa saja saya yang di jadikan 'tumbal' atas tiket palsu orang lain. tapi kenyataannya tidak terjadi. Saya bisa 2shot dengan aman tanpa ditarik dari samping Kinal. 

Tentu saja ada fans yang bilang kalau mereka tidak tahu beda 2shot yang asli dengan yang palsu. Logikanya begini saja: Kalau mereka beli secara sah dari JOT, apa iya sih tiketnya palsu? dan lagi, tiket palsu ini hanya terbatas di tiket konser yang, jujur saja, cukup mudah dibedakan. 

Kalau terlalu panjang, ini saja deh. Kalau memang tidak puas, kenapa masih menggunakan layanan mereka? Ibaratnya tau Bus TransJakarta lama dan penuh, tapi masih naik juga. 

Saya tahu saya akan di 'bakar' oleh fans-fans yang merasa saya menyudutkan mereka, tapi saya hanya bicara fakta. Untuk yang pemotongan HS mungkin memang saya tidak berhak ngomong karena 3 hs yang saya ikuti, saya tidak pernah didorong tiba-tiba, malah diberikan waktu ekstra.

Yang saya tahu hanyalah 2shot karena saya sendiri sempat melihat ada yang menukarkan tiket palsu (saya lihat sendiri tiketnya palsu karena gambar background tidak terlihat) tapi dibiarkan masuk ke area 2shot sebelum akhirnya ditarik masuk ke ruangan JOT.

Tapi jujur saya khawatir bila ini sampai masuk pengadilan. Seperti yang saya bilang, bila JOT sampai dibangkrutkan/dibubarkan, maka JKT48 tidak akan ada lagi.

Sekian dulu dari saya, bila ada pertanyaan, sanggahan, umpatan, atau hal-hal yang lainnya, silahkan tinggalkan komentar dibawah atau bila ingin fast response, langsung mention saya di @Radityo_Utomo atau di akun tim saya @Light_Unit

-Radit-

Extra note:
Pendapat saya mungkin anti mainstream tapi sebenarnya saya hanya mengamati saja. Sayangnya, hanya sedikit orang yang melihat secara jernih. 

Kebanyakan terperangkap Mindset: Gimanapun kejadiannya, JOT akan tetap salah
Hampir sama dengan mindset: Gimanapun kejadiannya, yang besar salah (dalam kecelakaan lalu lintas)

21 comments:

Unknown said...

Izin copast ya. Aku sertakan alamat blog nya kok

Unknown said...

brisik

Unknown said...

Menurut anne kinerja jot kurang maksimal buktinya 6 temen anne & anne udah registrasi ofc dan udah ngelunasi pembayaran tapi ngak jadi2 juga kartunya D': udah 1 bulan D': dan di web masih keanggotaam gratis lagi D': kan sakit broo 220rb ngilang tanpa tujuan D':

Unknown said...

Nggak tau kenapa, tapi saya 'sreg' sama postingan ini.
Saya akui, saya fan far, saya nggak tau apa-apa. Tapi selama pemantauan saya lewat fanbase atau fanpage, saya sedikit ngerti apa masalahnya.
Dan saya setuju sama postingan ini.
Please, be a good fans ae gan sis.
Nggak mau kan JKT48 bubar?
Sebelum baca postingan ini bismillah dulu ya :-D

Unknown said...

Bener juga sih sebenarnya.. Tapi pada khusunya Fans sama JOT juga harus sama sama berbenah Agar keduanya nyaman ...

Unknown said...

Bismillah..

Soal JOT bakal dibawa ke pengadilan, dan akan terancam bubar?
Bubar sih gak mungkin mas, karena kemungkinan JOT kalah dalam pengadilan itu sangat kecil,
Menurut saya pribadi ada baiknya bila JOT dapat "teguran" melalui somasi atau pengadilan. Selama tujuannya "menegur" untuk JOT berbenah dalam pelayanan, karena memang dari pantauan saya layanannya kurang maksimal.
Lalu jika di ibaratkan dengan bustrans jakarta, kenapa orang masih mau naik padahal suka ngeluh lama dan penuh, karena cuma bustrans jakarta yg memiliki jalur khusus bebas macet dan memiliki rute luas serta tiket yg murah. Jika ada bus lain yg memiliki fasilitas dan harga sama tapi pelayanannya jauh lebih baik, tentu orang akan berpaling dari bustrans jakarta.
Demikian pula JKT48, karena JKT48 satu-satunya idol grup yang memiliki theater pribadi yg show setiap hari dan memiliki banyak event, walaupun orang mengeluh tetap saja akan melanjutkan hobi idoling mereka.
Kembali ke soal "teguran", selama itu bertujuan memperbaiki kinerja JOT, tentu akan baik. Dan yg menerima imbas baiknya bukan cuma satu dua orang, tapi seluruh fans. Bayangkan jika pengumuman peraturan bisa lebih cepat, bayangkan jika hs event tidak ada yg dirugikan karena dipotong, bayangkan pelayanan yg selama ini dirasa kurang bisa dimaksimalkan oleh JOT, kan yg senang kita semua sebagai fans. Fans puas member pasti seneng juga. Fans puas pasti JOT juga yg dapat feedback bagus.
Dan kalo hasilnya gak baik, imbasnya gak akan sampai membubarkan JOT, dan gak akan nyebar kesemua fans, pasti hanya orang-orang yg bersangkutan yg kena imbasnya.
Sekian dari sudut pandang pribadi saya.
Terimakasih.

Light Community said...

coba yang komen perhatikan kapan tulisan ini di post.......

tulisan ini gak ada hubungannya dengan HS pareo wa Emerald

Ade Suganda said...

Ini cuma persoalan sepele...yang bahkan tidak perlu ada penyelesaian :v

Unknown said...

Admin, saya dulu fans jkt48. Melihat tti di twitter, saya ikut bingung. Ah, santai, ini hanya karena jot yang tidak ramah, kan? Ah, kalau misalnya JOT di bawa ke pengadilan yaudah. Ya ikut aja. Hidup ini harus dibawa senang. Jangan membesar besarkan masalah. Lagian dari dulu juga kan tiket hs+theater mahal. Yaa kalau pengurangan waktu, menurutku wajar. Namanya juga fans jkt48 banyak. Ya, bukan? Sudahlah, lebih baik kita selesaikan dengan cara halus ^^

Anonymous said...

postingan Thursday, February 13, 2014

Unknown said...

Ya gimana ya mau nuntut salah gak di tuntut makin jadi, saya juga termasuk korban JOT, masalah saya CD Theater version yang sudah 4 bulan masih belum dikirim. Entah kenapa apa jadwal mereka sangat sibuk atau gak mau ngurus, Gak ada kejelasan yang pasti lewat email gak dibales, mention apalagi... kita tunggu aja sampai kapan JOT bisa ngehandle segitu banyak masalah.


Intinya saya golput, tidak memihak manapun.

Ridwan said...

Saya sebagai fans far hanya mencoba objektif Mas...

Tapi ya itu, saya satu prinsip dengan Mas...

Selama member masih enjoy dengan kesibukan mereka, saya rasa ada baiknya kita tetap mendukung mereka...

Dan, hak kita sebagai fans, hanya untuk mendapatkan performa maksimal (atau mungkin feedback :v *delusi :v) dari oshimen kita masing-masing...

Anonymous said...

kalo gua mah malah lebih komplain ke soal theater, tolong lah kalo yg dapet bingo sial aka standing harganya didiscount, masa iya udah berdiri kehalangan pala orang bayar tetep 100ribu, tolong dipikir lagi JOT..!!

goodreadstuff said...

yang perlu diperhatikan adalah PELAYANAN
c'mon, we're consumer.
dan kita membayar, bukan MENCURI atau mENCOPET.

gw berapa kali melihat pelayanan amburadul dari staff dan juga kurangnya tata krama dari CASS (I dunno what it is, tapi satpam yang 'sok' jaga theater)

BOLD OF TO THE TICKETING STAFF
gw brapa kali hampir mau berantem dan mengalah.

terakhir, gw verif, tapi dipersulit, padahal jelas jelas ID itu, ID gw.
OKELAH gw ngalah...

CUMA yang bikin gw kesel, semua orang kayak ngeliat gw, dan seperti tersangka.

how do you feel bout that?
lu udah JUJUR. tapi lu disangkat PENJAHAT

tapi jujur ya?
ini baru di luar yang keliatan, di DALAMNYA?
banyak kebrobrokan.

gw tau lah JOT sering jadi SR dimana mana, dan mungkin cuek bebek aja tentang tata krama dan pelayanan.

Toh selama ini, terakhir kemarin, gw liat masih tetep aja, mereka cuek bebek dengan hal kecil semacam ini.

gw cuma mau bilang, JOT, lu bisa cuek aja, but REMEMBER THIS.

WHEN THE TIMES HAS COME, YOU GOT TO PREPARE FOR THE WORST CASE SCENARIO...

Light Community said...

saatnya menanggapi

kenapa saya dulu bilang kalo JOT di bawa ke pengadilan, bisa bubar?

selain karena kuasa pengadilan memungkinkan itu, bisa aja Dentsu ngeliat JKT48 gak ada faedahnya karena sampe di gugat, jadi bisa jadi mereka milih untuk bubarin aja daripada berurusan di pengadilan

sebenernya kita gak masalah kalian mau somasi kek, mau gugat kek, bahkan mau berusaha membubarkan, asal itu tetap di ranah hukum, jangan di bikin publik.

sekarang liat efeknya: Ada yang minta diskon tiket, ada yang minta verif selalu di menangin, ada yang minta single ke 10 di ganti. apa berikutnya? ada yang minta tiket gratis? Segitu bencinya pada JOT sampe2 single yang di pilih harus di ganti, segitu jeleknya kah pilihan JOT... (padahal buat kita di Light-Unit lagu Kibouteki Refrain enak-enak aja)


Jujur aja, kalau somasinya diem-diem aja mungkin gak bakal sampe serame ini dan jadi out of control.

Plus, sebenernya gak perlu somasi juga untuk menegur mereka, bisa lewat tulisan blog seperti ini. Misal aja nih, dulu tiket 2shoot tinggal di kasi dan langsung tuker ama tiket untuk foto, jadi kalo ada yang palsu, JOT terkesan sembarangan nuduh

Sekarang tiket 2shoot yang dikasi oleh fans di staples dengan data diri fans (disatuinnya di depan fans) jadi gak mungkin fans bisa ngelak kalo tiketnya palsu dan nuding JOT asal nuduh

Sekian aja. Jujur aja sebenernya kita bingung kenapa tulisan yang usianya 1 TAHUN LEBIH di angkat2 lagi....

Unknown said...

Sy juga bingung, satu aja buat JOT, mereka harus memberikan kepastian informasi dan juga jangan lah mempersulit fans, masalah uang.? Itu nggak penting, yg penting adalah layanan dan tatak ramah dari para staff. Dan buat satpam nya, janga jadi sok" jaga in theater gitu, jika di antara fans ada yg sedikit bermasalah tolong jangan di marahin di depan banyak orang kan malu. Tolong dong bawa keruangang di mana bisa di beri teguran atau apalah, biar terkesan nggak jjadi penjahat gitu.

Light Community said...

walau gak ada hubungannya, tapi saya mau bilang aja kalo aturan di Pareo wa Emerald Handshake event dibuat agak transisi antar sesi tidak terlalu ngaret. itu aja kok

Perkara security, tugas mereka memang jaga theater, jadi ya pasti di cari yang tegas dong. masa pelanggar aturan di baik2in? gak ada efek jera :p

Anonymous said...

mau kasih tanggepan soal JOT ato apalah itu ya hahah.
yang jelas kalo gue pribadi sih setuju kalo misal staff/security ato daleman teater ato apalah itu diganti
karena apa ?
gue pribadi udah pernah jadi korban, pas mau beli cd buat dapet tiket hs bilangnya udah SO. trus pas gue liat, ada orang kesana, trus ngobrol2 (kaya temen si staff merch gt kalo kata gue) tau2 dapet cd.
trus sama mafia bingo nih, ngepet dah asli ngeselin, dateng terakhir, dapet row 1-3.
udah segitu aja, soalnya udah banyak banget masalah soal JOT.

Anonymous said...

ketika JOT lgi dihadapkan dgn gugatan.... SNH dengan budget udh bikin MV 1 juta USD..dulu JKT sempet diatas SNH. tpi skrg udh kesalip ma SNH dri video UZA nya dan give me five nya ...wellehhh..wellehhh

ardian's said...

wah saya sangat setuju dengan pendapat mimin

Unknown said...

Hadeuuh ..
Inti nya sih .. [Biarlah_Waktu_Yang_Mencurahkan .. Hhah
Percumah... :V
Aktif Di Sosmed ..
di khidupaN nyata kagak Di jalanin ..
Kambing juga bisa kaya Gitu mah... :v
Udh saling support aja.
para Haters Bunuh aja.
kalau bisa bakar-sekalian ..
:v